Informasi Lengkap Seputar BIDIKMISI Bagian 2



Assalamualaikum wr.wb.

Informasi Lengkap Seputar BIDIKMISI Bagian 2

   Pada tulisan kali ini saya akan kembali menjelaskan mengenai BIDIKMISI dan seluk-beluknya berdasarkan rincian dan pengalamanan yang saya peroleh sebagai peserta BIDIKMISI baik dalam jalur SNMPTN maupun jalur SBMPTN di tahun 2014 lalu.

  Berdasarkan pengalaman dan analisa saya jalur BIDIKMISI hanya dapat di gunakan untuk tiga saringan ujian masuk PTN yang pertama yaitu SNMPTN yang ke
dua SBMPTN dan yang terakhir Seleksi Masuk Politeknik Negeri.


1.    SNMPTN
Bagi calon mahasiswa BIDIKMISI dar jalur SNMPTN akan diberikan ID dan pasword akun BIDIKMISI dari sekolah masing-masing. Untuk mendaftar sebagai peserta BIDIKMISI siswa biasanya harus memenuhi syarat dan kriteria tertentu sesuai dengan sekolahnya, biasanya sih melampirkan Surat Keterangan Kurang Mampu dsb. Setelah mendapatkan ID BIDIKMISI tersebut kita dapat membuka website BIDIKMISI dan melengkapi form data yang ada dengan jujur dan benar. Setelah selesai mengisi form BIDIKMISI maka akan muncul laman yang menampilkan ujian masuk PTN yang akan kita ikuti. Klik dan Pilihlah SNMPTN kemudian akan otomatis muncul ID dan Username yang dapat kita gunakan untuk mendaftar SNMPTN. Ketika kita mendaftarkan diri ke situs SNMPTN dengan ID dan username BIDIKMISI maka akan ada keterangan BIDIKMISI dari akun SNMPTN yang kita buat.


Ilhamuniversity.blogspot.com

2.    SBMPTN
Apabila kalian gagal dalam SNMPTN maka kalian dapat mencoba BIDIKMISI di SBMPTN cara nya tetap sama , buka akun BIDIKMISI di situs BIDIKMISI kemudian klik dan pilih ujian SBMPTN dan otomatis akan muncul ID dan pasword SBMPTN kalian. Buka situs SBMPTN dan daftarkan diri dengan kode tersebut. Apabila berhasil maka kartu peserta SBMPTN kalian akan ada keterangan Peserta BIDIKMISI. Untuk SBMPTN saya harap sobat daftarnya di awal-awal pendaftaran dibuka dan perhatikan batas tanggal pendaftaran SBMPTN yang ada pada website BIDIKMISI karena berdasarkan pengalaman saya, peserta BIDIKMISI batas waktu pendaftaran SBMPTN nya lebih singkat daripada pendaftar Non BIDIKMISI. Jadi pastikan cek tanggal dan baca semua informasi yang ada baik pada website resmi SBMPTN maupun website resmi BIDIKMISI.

3.    Ujian Masuk Politeknik Negeri
Cara pendaftaran BIDIKMISI UM Polneg sama dengan cara pendaftaran di SBMPTN , hanya saja berdasarkan pengalaman saya di tahun 2014 pendaftaran UM Polneg bagi peserta BIDIKMISI hanya tersedia untuk pendaftaran di gelombang pertama. Apabila di tempat tinggal saudara politeknik negeri membuka pendaftaran sampai 2-3 gelombang, maka sebagai peserta BIDIKMISI pastikan saudara mendaftarkan diri di gelombang pertama. Hal ini sangat saya sarankan karena ada teman saya yang juga peserta BIDIKMISI gagal mendaftar di UM Polneg karena mendaftar pada gelombang kedua dan tetap perhatikan batas tanggal pendaftaran UM Polneg di akun BIDIKMISI saudara.

Ilhamuniversity.blogspot.com

4.    Untuk ujian-ujian lainnya seperti UMB PTN dan UM D-3 dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Swasta memang menurut situs BIDIKMISI dapat menggunakan ID BIDIKMISI dalam pendaftarannya, namun berdasarkan pengalaman saya dan teman-teman sayan yang juga peserta BIDIKMISI tata cara pendaftaran untuk ujian lainnya tersebut masih kurang jelas. Teman saya juga ada yang mencoba menggunakan akun BIDIKMISI untuk mendaftar UMB PTN namun tidak bisa. Untuk itu saya membuat hipotesis sementara bahwa BIDIKMISI hanya dapat digunakan untuk ujian SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Politekneg.

      Untuk itu bagi teman-teman yang berniat mendapatkan beasiswa BIDIKMISI maka ada baiknya untuk sering-sering berlatih dalam mengerjakan soal dan juga usahakan sering berdiskusi dengan teman yang lebih pintar ataupun yang memiliki niat belajar yang kuat. Ingat beasiswa BIDIKMISI itu sangat membantu kita dalam berkuliah, selain mendapatkan fasilitas kuliah gratis tanpa bayar sepeser pun kita juga dapat uang saku setiap bulan. Teman-teman juga harus jujur dalam pengisian data beasiswa BIDIKMISInya karena rumah dan kediaman kita akan di datangi oleh petugasnya apabila kita berhasil lolos ujian saringan PTN tersebut.
Sekian dari saya , kalau ada pertanyaan dan kesalahan informasi monggo di komen.

Assalamu’alaikum wr.wb

Popular Posts