Informasi Lengkap Seputar BIDIKMISI Bagian 1




Assalamua’alaikum wr.wb.

Sebagai salah satu mahasiswa penerima beasiswa BIDIKMISI saya merasa bertanggung jawab untuk menulis artikel berikut untuk memberi Informasi  Lengkap Seputar BIDIKMISI kepada adik-adik sekalian.

Pengertian BIDIKMISI

     BIDIKMISI adalah sebuah program pemerintah pusat yang di kelola oleh Dirjen Dikti Kemendikbud yang bertujuan untuk memberikan  beasiswa kepada lulusan SMA/SMK/MA  sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tnggi namun mengalami kendala dalam masalah pendanaan untuk melanjutkan kuliah. BIDIKMISI sendiri merupakan akronim dari Beasiswa Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi, yang berarti bahwa syarat utama untuk memperoleh beasiswa tersebut adalah mahasiswa atau siswa alumni SMA sederajat yang memilki prestasi dalam bidang akademik dan kurang mampu untuk melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan.

Sejarah BIDIKMISI

    Program BIDIKMISI sendiri dimulai tahun 2010, jadi angkatan pertama yang mendapatkan beasiswa BIDIKMISI adalah mahasiswa angkatan tahun 2010-2011. Program ini merupakan program yang dibuat oleh presiden SBY yang bertujuan untuk menurunkan tingkat kemiskinan penduduk
indonesia melalui sarana pendidikan gratis bagi mahasiswa kurang mampu. Anggaran program bidikmisi sendiri berasal dari dana APBN yang merupakan uang dari rakyat. Jadi sebagai calon penerima dana beasiswa bidikmisi anda harus memilki niat yang lurus untuk berkuliah sebaik mungkin melihat anda nantinya akan di biayai negara dengan uang rakyat.

Beasiswa BIDIKMISI

    Saya merupakan salah satu mahasiswa yang Alhamdulillah berhasil menerima beasiswa bidikmisi melalui jalur SBMPTN 2014 dan Alhamdulillah sekarang saya menjadi mahasiswa yang biaya kuliahnya di tanggung oleh pemerintah. Dalam beasiswa BIDIKMISI pemerintah memberikan fasilitas beasiswa sebagai berikut :

1.       UKT (uang kuliah tunggal) per semester
Bagi mahasiswa yang mendapat beasiswa bidikmisi tidak usah memikirkan pembayaran uang kuliah lagi karena semuanya telah ditanggung pemerintah dari awal hingga akhir, namun ingat anda hanya kan ditanggung selama 8 semester jadi belajarlah dengan baik agar tamat tepat waktu.

 ilhamuniversity.blogspot.com

2.       Uang Saku
Mahasiswa bidikmisi setiap bulannya akan mendapatkan uang saku dari pemerintah yang akan di setorkan ke rekening mahasiswa secara langsung, besarnya uang saku tergantung biaya transportasi anda ke kampus dan lokasi rumah anda dari kampus, biasanya mahasiswa bidikmisi yang ngekos akan mendapat uang saku lebih besar dari yang tinggal bersama orangtua. Namun besaran minimal uang saku untuk mahasiswa bidikmisi ± Rp600.000 yang kurang lebih dapat mencukupi biaya transportasi dan uang fotokopi selama sebulan.

3.       Bantuan Dana Penulisan Skripsi
Menurut berita yang saya dengar, mahasiswa tingkat akhir akan mendapatkan bantuan dana untuk penulisan skripsi. Namun untuk nominal dana nya belum saya ketahui

     Jadi bagi teman-teman yang merasa kurang mampu untuk mengikuti perkuliahan secara berbayar dapat mengajukan diri ke pihak sekolah (SMA) untuk mendapatkan formulir online bidikmisi dan kalau bisa teman-teman harus mencari tahu guru-guru yang bertugas mengurusi bidikmisi disekolah, teman-teman juga harus siap tanggap dan jangan pasif dalm mencari informasi bidikmisi dan memenuhi persyaratan untuk mendapatkan form online BIDIKMISI, singkirkan rasa malas dan malu. Ingat BIDIKMISI itu banyak peminatnya dan sangat membantu anda dalam meraih masa depan dan membahagiakan orangtua anda. Jadi tunggu apalagi buat adik-adik angkatan 2014-2015 ayo kejar BIDIKMISI- mu.

ilhamuniversity.blogspot.com
URGENT !
      BIDIKMISI hanya di tujukan bagi siswa tamatan SMA sederajat yang  BENAR-BENAR kurang mampu untuk mengikuti perkuliahan. Berdasarkan pengalaman saya Maksimal Gaji Total Orangtua siswa penerima BIDIKMISI adalah Rp5.000.000 itu pun disesuaikan dengan jumlah anak dan tanggungan lain orangtua. Untuk info lengkap mengenai hal tersebut anda dapat mengecek situs bidikmisi. Selain itu apabila anda lulus BIDIKMISI maka sebelum melakukan pendaftaran ulang di Kampus, rumah anda akan di survey oleh petugas BIDIKMISI dari kampus tersebut. Jadi pastikan data yang anda isi kan valid dan bukan rekayasa, apabila anda terbukti merekayasa data mengenai keadaan ekonomi keluarga anda maka siap-siap di Drop Out (DO) dari kampus tersebut dan anda akan di blacklist dari Kampus tersebut. Hal ini terjadi pada 2 orang calon mahasiswa yang lulus BIDIKMISI melalui jalur SNMPTN 2014 (undangan) di salah satu PTN di kota Medanbkarena data kondisi ekonomi keluarga mereka tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Sehingga mereka ditolak saat mendaftar ulang dan beasiswa BIDIKMISI mereka otomatis di batalkan. Jadi pastikan anda benar-benar pantas menerima BIDIKMISI dan konsultasikan hal tersebut kepada guru dan teman anda yang anda anggap tahu mengenai kondisi ekonomi anda.

 original article by: ilhamuniversity.blogspot.com

Selamat Mencoba BIDIKMISI
Terima kasih telah membacanya !!

Baca juga : Jalur Masuk PTN yang mendapatkan Beasiswa BIDIKMISI

Popular Posts