NILAI MATI DALAM SBMPTN



Assalamu’alaikum wr.wb

Sobat blogger yang baru akan mencoba atau telah mencoba SBMPTN ada baiknya sobat membaca artikel saya ini. Kali ini saya ingin menjelaskan SISTEM NILAI MATI DALAM SBMPTN, oh ya sebelum nya perkenalkan nama saya ****, saya merupakan salah satu Mahasiswa baru yang lulus lewat jalur SBMPTN 2014.



Sejauh ini saya sering menemukan artikel2 di google mengenai NILAI MATI DALAM SBMPTN dan semua postingan mereka menyatakan kalo gak mengisi salah satu mata pelajaran SBMPTN maka bisa dipastikan tidak akan lulus SBMPTN karena NILAI MATI DALAM SBMPTN. Hal ini lah yang membuat saya resah ± sebulan hanya karena takut tidak lulus hanya karena SISTEM NILAI MATI DALAM SBMPTN , untuk itu saya menuliskan artikel ini yang langsung berdasarkan pengalaman saya pribadi.

Sobat blogger pasti penasaran apakah NILAI MATI DALAM SBMPTN itu ada , karna berdasarkan pengalaman saya, bagi temen2 yg mengikuti BIMBEL pasti sebagian BIMBEL ada memberitahukan mengenai NILAI MATI DALAM SBMPTN ,untuk itu saya disini ingin meluruskan bahwa NILAI MATI DALAM SBMPTN itu TIDAK ADA, hal ini berdasarkan pengalaman saya sendiri di SBMPTN 2014 dimana saya tidak mengisi salah satu mata pelajaran yang di ujikan , yaitu MATEMATIKA IPA, Namun Alhamdulillah atas izin ALLAH SWT saya diterima di salah satu PTN dengan jurusan Pendidikan Fisika.

Namun jika sobat masih belum percaya dengan pengalaman saya sobat dapat mencobanya sendiri saat mengikuti TRY OUT, cobalah untuk tidak mengisi salah satu Mata Pelajaran yang di ujikan, saya yakin sobat bakal tetep lulus dalam TRY OUT jika passing grade sobat memang mencukupi untuk lulus dipilihan sobat tentunya hehehe...

SISTEM PENILAIAN SBMPTN

Sejak tahun 2010 SBMPTN menggunakan sistem penilaian persentil, dimana selain mempertimbangkan skor total yang didapat, juga mempertimbangkan nilai per tiap mata pelajaran, dengan demikian kita harus meraih poin atau nilai disetiap mata pelajaran yang di ujikan, jadi apabila anda memiliki passing grade yang sama dengan saingan anda, maka nilai per tiap mata pelajaran lah yang jadi pertimbangan penilaian, sehingga alangkah baiknya jika anda mengisi 5 soal pertiap mata pelajaran (Kemampuan IPA/IPS) daripada mengisi 15 soal hanya di satu atau dua mata pelajaran saja dengan catatan anda harus yakin akan kebenarannya (bukan cap cip cup hehehe ), hal ini karna panitia memberlakukan sistem penilaian per mata pelajaran dimana, anda yang menguasai sedikit dari beberapa mata pelajaran lebih di utamakan dari pada anda yang ahli disatu mata pelajaran saja. Tapi kalo untuk TKPA anda harus mengisi sebanyak2nya ditiap mata pelajaran karena TKPA akan menjadi Lumbung Skor anda dalam SBMPTN, usahakan anda mengisi minimal 70 soal sehingga anda bisa mendapat pasing grade ±30% dari TKPA.


Demikian lah sedikit pengalaman saya semoga bermanfaat bagi para pembaca, dan jangan galau2 lagi mengenai NILAI MATI DALAM SBMPTN , cukup berusaha dengan maksimal, berdo’a kepada ALLAH SWT, dan tetapkan pilihan secara rasional sesuai kemampuan maka InsyaAllah sobat dapat lulus PTN melalui SBMPTN 2015 tahun depan. Danke.. J





Popular Posts